propertisaya (propertisaya) wrote,
propertisaya
propertisaya

Persiapan Rumah Untuk Siaga Hujan

Persiapan Rumah Untuk Siaga Hujan

Tak bisa dipungkiri musim hujan sudah hampir tiba, ada baiknya kita bersiaga untuk menghadapinyakan.
seperti pada tahun lalu, Beberapa daerah di indonesia, terendam air akibat musim hujan yang deras. Beberapa kawasan bahkan sempat terendam banjir. meski bukan perkara baru bagi warga ibukota, namun sejumlah persiapan harus dilakukan guna mengantisipasi masalah yang timbul karena musim hujan.

Ketika hujan datang, rumah seharusnya menjadi tempat bernaung yang paling idela dan nyaman bagi anda sekeluarga. Oleh karena itu, mempersiapkan rumah dengan matang sangat diperlukan. Ada beberapa bagian dari rumah yang bias jadi bermasalah akibat hujan, seperti atap rumah, dinding, lantai, selokan dan saluran pembuangan lain.
Hal pertama yang harus diperhatikan seiring dengan datangnya musim hujan adalah atap rumah. Masalah kebocoran pada atap telah menjadi hal yang lazim terjadi. Biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti, keretakan pada atap rumah, kayu yang sudah lapuk dan plester semen di bagian bubungan atap yang sudah rusak.

Masalah lain yang timbul adalah pada dinding rumah anda. Untuk dinding dalam rumah, tidak akan terjadi masalah rembesan air apabila atap rumah telah dilapisi waterproof. Yang harus lebih diperhatikan adalah dinding luar rumah anda. Ancaman jamur bisa sangat mengganggu estetika rumah dan mengakibatkan timbulnya noda hitam. Sebaiknya dinding luar dilapisi dengan weathershield sebagai pelindung dari jamur sehingga warnanya tetap cerah.

Untuk keretakan kecil pada atap bisa diatasi dengan memasang kawat kasa dan dilapisi dengan waterproof. Sedangkan untuk keretakan yang besar perlu diplester ulang.
Khusus atap rumah yang terbuat dari asbes, pemasangan paku baut harus dilapisi karet untuk mencegah air merembes melalui celah lubang paku.


Lantai rumah juga menjadi bagian yang penting. Untuk keamanan rumah dari banjir, lantai dalam rumah anda sebaiknya dibuat lebih tinggi dari teras rumah. Selokan dan saluran pembuangan juga harus diperhatika ketika musim hujan. Bersihkan selokan dan saluran pembuangan secara teratur untuk mencegah penyumbatan.

By RumahHakMilik.com
Tags: artikel properti, informasi properti
Subscribe

Recent Posts from This Journal

  • Cara Jitu Membeli Rumah Bekas

    Cara Jitu Membeli Rumah Bekas 1. Tanyakan usia bangunan rumah. Secara sederhana anda bisa mengklasifikasi usia bangunan rumah yaitu : baru (kurang…

  • Cara Jitu Melihat Properti Sewaan

    Cara Jitu Melihat Properti Sewaan Sepertinya anda harus membawa buku catatan dan pena. karena anda akan memerlukannya untuk mencatat detil-detil…

  • Mencari Tempat Tinggal yang Tepat

    Mencari Tempat Tinggal yang Tepat Pedoman untuk Menyewa atau Mencari Properti Sewaan yang Tepat. Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang…

  • Post a new comment

    Error

    Anonymous comments are disabled in this journal

    default userpic
  • 1 comment